cryptocurrency untuk pemula
cryptocurrency untuk pemula

Mengetahui Cryptocurrency Untuk Pemula

Pada awal peluncurannya di tahun 2009, beberapa ribu bitcoin digunakan untuk membeli pizza. Sejak saat itu, mata uang kripto ini meroket menjadi US$65.000 pada April 2021, setelah penurunan yang mencengangkan pada pertengahan 2018 sekitar 70 persen menjadi sekitar US$6.000, mengejutkan banyak orang – investor cyptocurrency, pedagang, atau sekadar penasaran siapa ketinggalan perahu.

Bagaimana semua ini dimulai

Ingatlah bahwa ketidakpuasan terhadap sistem keuangan saat ini memunculkan perkembangan mata uang digital. Pengembangan cryptocurrency ini didasarkan pada teknologi blockchain oleh Satoshi Nakamoto, nama samaran yang tampaknya digunakan oleh pengembang atau grup pengembang.

Terlepas dari banyaknya pendapat yang memprediksi kematian cryptocurrency, kinerja bitcoin telah menginspirasi banyak mata uang digital lainnya, terutama dalam beberapa tahun terakhir. Keberhasilan dengan crowdfunding yang disebabkan oleh demam blockchain juga menarik mereka untuk menipu publik yang tidak menaruh curiga dan ini telah menjadi perhatian regulator.

Di luar bitcoin

Bitcoin telah menginspirasi peluncuran banyak mata uang digital lainnya, Saat ini ada lebih dari 1.000 versi koin atau token digital. Tidak semuanya sama dan nilainya sangat bervariasi, begitu pula likuiditasnya.

Koin, altcoin, dan token

Cukup pada titik ini untuk mengatakan ada perbedaan yang jelas antara koin, altcoin, dan token. Altcoin atau koin alternatif umumnya menggambarkan selain bitcoin perintis, meskipun altcoin seperti ethereum, litecoin, ripple, dogecoin, dan dash dianggap sebagai kategori koin ‘utama’, yang berarti mereka diperdagangkan di lebih banyak bursa cryptocurrency.

Koin berfungsi sebagai mata uang atau penyimpan nilai sedangkan token menawarkan penggunaan aset atau utilitas, contohnya adalah layanan blockchain untuk manajemen rantai pasokan untuk memvalidasi dan melacak produk anggur dari kilang anggur ke konsumen.

Hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa token atau koin dengan nilai rendah menawarkan peluang naik tetapi jangan mengharapkan peningkatan yang meroket seperti bitcoin. Sederhananya, token yang kurang dikenal mungkin mudah dibeli tetapi mungkin sulit dijual.

Sebelum masuk ke cryptocurrency, mulailah dengan mempelajari proposisi nilai dan pertimbangan teknologi yaitu strategi komersial yang diuraikan dalam kertas putih yang menyertai setiap penawaran koin awal atau ICO.

Bagi mereka yang akrab dengan saham dan saham, tidak seperti penawaran umum perdana atau IPO. Namun, IPO dikeluarkan oleh perusahaan dengan aset berwujud dan rekam jejak bisnis. Itu semua dilakukan dalam lingkungan yang diatur. Di sisi lain, ICO murni didasarkan pada ide yang diajukan dalam kertas putih oleh sebuah bisnis – belum beroperasi dan tanpa aset – yang sedang mencari dana untuk memulai.

Tidak diatur, jadi pembeli berhati-hatilah

‘Seseorang tidak dapat mengatur apa yang tidak diketahui’ mungkin menyimpulkan situasi dengan mata uang digital. Regulator dan regulasi masih berusaha mengejar cryptocurrency yang terus berkembang. Aturan emas di ruang crypto adalah ‘caveat emptor’, biarkan pembeli berhati-hati.

Beberapa negara tetap berpikiran terbuka mengadopsi kebijakan lepas tangan untuk cryptocurrency dan aplikasi blockchain, sambil mengawasi penipuan langsung. Namun ada regulator di negara lain yang lebih mementingkan kerugian daripada keuntungan uang digital. Regulator umumnya menyadari perlunya mencapai keseimbangan dan beberapa melihat undang-undang yang ada tentang sekuritas untuk mencoba menangani banyak rasa cryptocurrency secara global.

Dompet digital: Langkah pertama

Dompet sangat penting untuk memulai dalam cryptocurrency. Pikirkan e-banking tetapi tanpa perlindungan hukum dalam kasus mata uang virtual, jadi keamanan adalah pemikiran pertama dan terakhir di ruang crypto.

Dompet adalah jenis digital. Ada dua jenis dompet.

Dompet panas yang ditautkan ke Internet yang membuat pengguna berisiko diretasCold wallet yang tidak terhubung ke Internet dan dianggap lebih aman.Terlepas dari dua jenis dompet utama, perlu dicatat bahwa ada dompet hanya untuk satu cryptocurrency dan lainnya untuk multi-cryptocurrency. Ada juga opsi untuk memiliki dompet multi-tanda tangan, agak mirip dengan memiliki rekening gabungan dengan bank.

Pilihan dompet tergantung pada preferensi pengguna apakah minat murni pada bitcoin atau ethereum, karena setiap koin memiliki dompetnya sendiri, atau Anda dapat menggunakan dompet pihak ketiga yang menyertakan fitur keamanan.

Catatan dompet

Dompet cryptocurrency memiliki kunci publik dan pribadi dengan catatan transaksi pribadi. Kunci publik termasuk referensi ke akun atau alamat cryptocurrency, tidak berbeda dengan nama yang diperlukan untuk menerima pembayaran cek.

Kunci publik tersedia untuk dilihat semua orang tetapi transaksi dikonfirmasi hanya setelah verifikasi dan validasi berdasarkan mekanisme konsensus yang relevan untuk setiap cryptocurrency.

Kunci privat dapat dianggap sebagai PIN yang biasa digunakan dalam transaksi e-finansial. Oleh karena itu, pengguna tidak boleh membocorkan kunci pribadi kepada siapa pun dan membuat cadangan data ini yang harus disimpan secara offline.

Masuk akal untuk memiliki cryptocurrency minimal di dompet panas sementara jumlah yang lebih besar harus di dompet dingin. Kehilangan kunci privat sama saja dengan kehilangan mata uang kripto Anda! Tindakan pencegahan biasa tentang transaksi keuangan online berlaku, mulai dari memiliki kata sandi yang kuat hingga waspada terhadap malware dan phishing.

Format dompet

Berbagai jenis dompet tersedia untuk disesuaikan dengan preferensi individu.

Dompet perangkat keras yang dibuat oleh pihak ketiga yang harus dibeli. Perangkat ini berfungsi seperti perangkat USB yang dianggap aman dan hanya terhubung bila diperlukan ke Internet.Dompet berbasis web yang disediakan, misalnya, oleh pertukaran kripto, dianggap sebagai dompet panas yang membahayakan pengguna.Dompet berbasis perangkat lunak untuk desktop atau ponsel sebagian besar tersedia secara gratis dan dapat disediakan oleh penerbit koin atau pihak ketiga.Dompet berbasis kertas dapat dicetak dengan memuat data yang relevan tentang cryptocurrency yang dimiliki dengan kunci publik dan pribadi dalam format kode QR. Ini harus disimpan di tempat yang aman sampai diperlukan selama transaksi crypto dan salinan harus dibuat jika terjadi kecelakaan seperti kerusakan air atau data yang dicetak memudar seiring berjalannya waktu.Pertukaran crypto dan pasar

Pertukaran Crypto adalah platform perdagangan bagi mereka yang tertarik dengan mata uang virtual. Pilihan lainnya termasuk situs web untuk perdagangan langsung antara pembeli dan penjual serta broker di mana tidak ada harga ‘pasar’ tetapi didasarkan pada kompromi antara pihak-pihak yang bertransaksi.

Karenanya, ada banyak pertukaran crypto yang berlokasi di berbagai negara tetapi dengan standar praktik dan infrastruktur keamanan yang berbeda. Mulai dari yang memungkinkan pendaftaran anonim hanya membutuhkan email untuk membuka akun dan memulai perdagangan. Namun ada hal lain yang mengharuskan pengguna untuk mematuhi konfirmasi identitas internasional, yang dikenal sebagai Kenali Pelanggan Anda, dan tindakan anti pencucian uang (AML).

Pilihan pertukaran crypto tergantung pada preferensi pengguna tetapi yang anonim mungkin memiliki batasan pada tingkat perdagangan yang diizinkan atau dapat tunduk pada peraturan baru yang tiba-tiba di negara domisili pertukaran. Prosedur administrasi minimal dengan pendaftaran anonim memungkinkan pengguna memulai perdagangan dengan cepat saat melalui proses KYC dan AML akan memakan waktu lebih lama.

Semua perdagangan crypto harus diproses dan divalidasi sebagaimana mestinya yang dapat memakan waktu dari beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung pada koin atau token yang ditransaksikan dan volume perdagangan. Skalabilitas dikenal sebagai masalah dengan cryptocurrency dan pengembang sedang mencari cara untuk menemukan solusi.

Pertukacryptocurrency untuk pemularan Cryptocurrency ada dalam dua kategori.

Fiat-cryptocurrency Pertukaran semacam itu menyediakan pembelian fiat-cryptocurrency melalui transfer langsung dari bank atau kartu kredit dan debit, atau melalui ATM di beberapa negara.Hanya Cryptocurrency. Ada pertukaran crypto yang berurusan dengan cryptocurrency saja, artinya pelanggan harus sudah memiliki cryptocurrency – seperti bitcoin atau ethereum, – untuk ‘ditukar’ dengan koin atau token lain, berdasarkan harga pasarBiaya dibebankan untuk memfasilitasi pembelian dan penjualan mata uang kripto. Pengguna harus melakukan penelitian agar puas dengan infrastruktur dan langkah-langkah keamanan serta untuk menentukan biaya yang nyaman bagi mereka karena tarif berbeda yang dikenakan oleh berbagai bursa.

Jangan mengharapkan harga pasar yang sama untuk mata uang kripto yang sama dengan pertukaran yang berbeda Mungkin bermanfaat untuk menghabiskan waktu melakukan penelitian tentang harga terbaik untuk koin dan token yang menarik bagi Anda.

Transaksi keuangan online membawa risiko dan pengguna harus mempertimbangkan peringatan seperti otentikasi dua faktor atau 2-FA, terus memperbarui langkah-langkah keamanan terbaru dan waspada terhadap penipuan phishing. Salah satu aturan utama tentang phishing adalah jangan mengeklik tautan yang disediakan, tidak peduli seberapa autentiknya sebuah pesan atau email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *