3 Aplikasi PDF Reader Dan Editor Di Android
3 Aplikasi PDF Reader Dan Editor Di Android

3 Aplikasi PDF Reader Dan Editor Di Android

Bila mendengar .pdf, sebagian dari kamu mungkin langsung mengingat aplikasi Adobe Acrobat Reader, baik yang tersedia untuk PC maupun smartphone. Namun sesuai namanya, “Reader” ini berfungsi untuk membuka .pdf saja. Nah, kamu yang cukup sering berkutat dengan dokumen boleh jadi pernah mengalami saat-saat di mana ingin mengedit .pdf tersebut. Seiring perkembangan teknologi, kini sudah tersedia aplikasi Android yang tidak hanya mampu membuka .pdf, tetapi juga mengeditnya langsung di smartphone. Apa saja aplikasi tersebut, simak rangkumannya berikut ini. Beberapa di antara kamu mungkin ada yang belum tahu, aplikasi olah dokumen OfficeSuite juga tersedia dalam versi yang mendukung untuk mengedit .pdf, selain format .doc, .docx, dan lain-lain tentunya. Ada pula fitur berbagi file langsung ke layanan penyimpanan awan semisal DropBox dan Google Drive. Bahkan, aplikasi ini mendukung fungsi untuk mengubah foto yang diambil langsung dari kamera smartphone, lalu menyimpannya sebagai .pdf, cukup dengan memasang aplikasi tambahan dari pengembang yang sama. Di samping hal-hal tersebut di atas dan fitur standar lainnnya, ada beberapa fitur menarik untuk versi premium dengan harga cukup bersahabat seperti QuickWrite, Microsoft Compatibility Font Pack, pemeriksa ejaan, dan lain-lain. Beberapa fungsi menarik dari Xodo PDF Reader & Editor antara lain menggabungkan beberapa file .pdf menjadi satu, memecah satu .pdf menjadi beberapa, mengubah orientasi halaman, menghapus halaman, mengubah susunan halaman, dan menambah halaman kosong. Di luar itu, fungsi-fungsi seperti highlight, underline, dan strikeout, dan fungsi standar juga tersedia. PDF Editor, Xodo PDF Reader & Editor juga sudah mendukung fungsi untuk mengubah foto yang diambil langsung dari kamera smartphone, lalu menyimpannya sebagai .pdf. Aplikasi ketiga, yakni Foxit PDF Reader & Editor, juga tidak kalah hebat dari dua aplikasi sebelulmnya. Fitur-fitur pengeditan standar tentunya sudah didukung oleh aplikasi ini. Untuk fitur-fitur khusus, Foxit PDF Reader & Editor menawarkan proteksi .pdf dengan sertifikat, kata sandi, serta Microsoft Rights Management Services. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu menyimpan, membagikan, dan mengakses .pdf di Google Drive, OneDrive, Dropbox, Box, dan Foxit Cloud Reading.

Hal ini dikarenakan sebagian besar aplikasi dokumen PDF hanya menyediakan fitur untuk membaca saja. Jika kamu ingin mengedit, maka kamu perlu meningkatkan akun kamu di aplikasi tersebut menjadi level premium. Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa cara dalam edit PDF yang menarik lainnya yang patut kamu coba. Ada juga beberapa cara alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mengedit dokumen PDF. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini yang semakin pesat, Kamu sudah bisa mengedit dokumen PDF langsung dari smartphone Android kamu. Yuk simak bagaimana cara edit PDF melalui smartphone Android. Dengan Menggunakan bantuan aplikasi Xodo PDF Reader & Editor maka akan sangat mudah dalam mengedit file PDF yang ada di smartphone Android kamu. Nah, jika mengalami masalah pada saat proses edit, seperti dokumen PDF kamu hanya bisa dilihat saja atau read only, maka kamu perlu menyimpan ulang lagi salinan dari dokumen tersebut ke dalam penyimpanan smartphone kamu. Setelah itu, kamu baru bisa mengedit file dokumen PDF tersebut. Di dalam aplikasi ini juga sudah terdapat beberapa macam fitur yang lainnya yang bisa kamu gunakan, seperti dalam membuat dokumen PDF dari format jpg., doc., atau bahkan dari sebuah webpage.

Untuk mengedit dokumen sendiri sangat mudah. Pertama Anda harus memiliki mentahan dokumen entah itu, Word, Excel dan sebagainya. Kemudian pergi ke mesin pencarian bisa Chrome, Google atau lainnya di ponsel maupun komputer. Ketik dalam kotak pencarian “Smallpdf”. Maka secara otomatis, sistem akan menampilkan hasil pencarian. Masuk ke halaman utama website tersebut. Sebenarnya ada beberapa pilihan format dokume yang bisa digunakan. Pilih file yang ingin diedit dengan klik menu “Choose Files”. Selanjutnya, dokumen tersebut akan langsung diunggah dan edit sesuai kebutuhan. Menariknya, situs ini juga dapat dimanfatkan untuk mengunggah file lain yang ada di penyimpanan Google Drive maupun Dropbox. Apabila sudah selesai, tunggu proses unduh hingga selesai dan file akan langsung tersimpan di omputer maupun ponsel. Seiring berkembangnya zaman, dunia teknologi juga mengalami pertumbuhan. Ada banyak hal yang dulu hanya dapat dilakukan secara langsung kini beralih ke dunia online. Aplikasi edit PDF android gratis ini dapat memudahkan Anda melakukan beragam kegiatan pertukaran PDF secara mudah. Baik dengan menggunakan bantuan aplikasi maupun tanpa tambahan aplikasi.

Rekomendasi berikutnya adalah aplikasi yang dikembangkan oleh MobiSystems yakni PDF Extra. Jika dilihat sekilas, aplikasi edit PDF android gratis ini memiliki fitur lengkap. Tidak hanya dapat mengedit dokumen PDF pada umumnya, PDF Extra ini juga memiliki fitur canggih seperti “Text to Speech”. Di mana fitur ini mampu mendeteksi sebuah kata di dalam dokumen yang Anda buka. Kemudian sistem canggih ini akan bekerja membaca dokumen dengan keras. Sebab, aplikasi ini juga dilengkapi dengan teknologi Al. Dengan fitur ini, pengguna tidak hanya dapat membaca namun juga mendengar. Selain memanfaatkan aplikasi pihak ketiga, Anda juga bisa edit PDF tanpa menggunakan aplikasi. Hal ini cukup memudahkan bagi seseorang yang tidak ingin repot mengunduh aplikasi. Salah satu caranya yakni dengan menggunakan situs atau website online. Anda bisa langsung mengakses website tersebut melalui ponsel maupun laptop. Ada banyak website yang menyediakan fitur edit dokumen PDF, namun setidaknya ada rekomendasi website ringan dan mudah yakni melalui situs Smallpdf.

Beruntungnya pada kesempatan kali ini akan coba dirangkum secara lengkap mengenai aplikasi maupun website yang direkomendasikan untuk edit PDF. Simak ulasan di bawah ini! Mungkin banyak orang bertanya, edit PDF pakai aplikasi apa? Hal ini lumrah ditanyakan sebab ada banyak aplikasi yang tersedia untuk edit dokumen ini. Namun setidaknya kali ini akan coba dirangkum beberapa aplikasi yang bisa dijadikan rekomendasi. Aplikasi edit PDF android gratis pertama ialah PDF Element. Aplikasi ini tergolong simple dan efisien. Tidak heran jika PDF Element ini termasuk salah satu aplikasi rekomendasi terbaik. Anda juga bisa memanfaatkannya secara gratis. Ada banyak kegiatan yang berhubungan dengan dokumen PDF yang bisa dilakukan di aplikasi ini. Seperti menambahkan tulisan tangan, menggarisbawahi kata, menambahkan tanda tangan dan masih banyak fitur lainnya. Untuk mengunduh PDF Element ini tidak butuh waktu lama. Anda juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan besar. Aplikasi yang direkomendasi selanjutnya yakni sebuah aplikasi bernama Xodo Reader & Editor. Tampilan interface membuat pengguna nyaman menatap layar.

Seiring banyaknya kegiatan yang kita jalankan secara online, membuat sebagian besar orang membutuhkan aplikasi edit PDF android gratis. Beragam kegiatan yang serba online ini menuntut efisiensi dokumen untuk diproses lebih mudah. Saat ini jenis dokumen yang banyak orang gunakan ialah PDF, sehingga banyak orang mencari seluk beluk mengenai soft dokumen file ini. Dokumen ini juga sering digunakan sebagai surat resmi maupun sebagai dokumen penting lainnya. PDF sering difungsikan untuk berbagai kepentingan pertukaran dokumen. Namun seiring berjalannya waktu, dokumen ini juga tidak jarang dijadikan sebagai presentasi dokumentasi dua dimensi. Di mana, di dalamnya terdiri dari teks, gambar, grafik vector dan lain sebagainya. Lantas bagaimana cara edit file PDF di hp? Pertanyaan ini sebenarnya sangat mudah dijawab. Sebab, di era serba canggih ini semua hal dapat dilakukan dengan mudah. Termasuk untuk kegiatan edit PDF. Sejatinya, Anda bisa menggunakan beragam cara. Bisa melalui aplikasi pihak ketiga atau juga dapat memanfaatkan website online untuk edit PDF.

Jika telah selesai, klik “Save” untuk menyimpan berkas. Deretan aplikasi edit PDF android gratis berikutnya ialah Fast PDF Converter and PDF Reader. Tidak hanya berfungsi untuk mengedit, namun aplikasi ini juga berfungsi sebagai convert dokumen PDF. Anda bisa langsung download aplikasi langsung melalui Google Play secara gratis. Menariknya, Anda juga bisa menggabungkan berbagai macam file, membubuhkan tanda tangan, scan dokumen dan masih banyak lagi. Aplikasi yang dikembangkan oleh World Mobile Studio ini cenderung ringan sehingga tidak memberatkan kinerja ponsel. Developer terkenal seperti halnya Adobe juga memiliki aplikasi unggulan untuk edit PDF. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap dengan berbagai kegunaan. Perusahaan besar semacam Adobe memang tidak perlu diragukan. Banyak fitur gratis yang bisa dimanfaatkan untuk edit PDF. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini langsung di Google Play Store. Hingga saat ini pengguna aplikasi Adobe Fill and Sign lebih dari 5 juta di seluruh dunia. Hal ini membuat aplikasi ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik yang layak dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *