Cara Download, Install Aplikasi Android Di PC/Laptop
Cara Download, Install Aplikasi Android Di PC/Laptop

Cara Download, Install Aplikasi Android Di PC/Laptop

Android adalah sistem operasi smartphone yang mungkin paling populer. Saking populernya, memakai aplikasi Android tampaknya tak cukup jika hanya di smartphone. Kita bisa menggunakan aplikasi Android di komputer. Play Store di PC. Tapi, bagaimana step-by-step­-nya untuk men-download dan memainkan aplikasi atau games Android di komputer? NoxPlayer adalah satu-satunya software yang dapat dimanfaatkan untuk membuka aplikasi Android di komputer. Software ini terbilang ringan, lebih ringan ketimbang BlueStack. Tampilan dan cara kerjanya pun mudah digunakan. Setelah men-download, install NoxPlayer sampai selesai. Berikut langkah demi langkah proses install NoxPlayer untuk memainkan games Android di PC/laptop. Klik Install langsung jika kamu ingin langsung mulai proses instalasi. Apabila kamu ingin mengatur terlebih dahulu folder lokasi instalasi dan lainnya, klik Custom. Jika sudah, klik Install. Seketika itu, NoxPlayer mulai di-install. Kamu tinggal duduk manis menunggu prosesnya selesai. Proses install akan berlangsung tergantung spesifikasi PC/laptop yang kamu gunakan. Jika proses instalasi selesai, klik Start. Kemudian proses startup pun dimulai. Di bagian ini, kamu akan diperlihatkan bagaimana caranya menggunakan NoxPlayer. Kamu akan diajari bagaimana caranya mengatur resolusi, mengontrol layar, hingga men-download aplikasi dari Play Store. Sampai di sini, kamu sudah bisa men-download dan install aplikasi atau games dari Play Store. Sama seperti di smartphone, kamu diharuskan sign in dengan akun Google untuk bisa men-download. Sebagai contoh di tutorial ini, saya men-download game populer Mobile Legends: Bang Bang di PC/laptop – lewat NoxPlayer. Setelah langkah demi langkah dijalankan, Mobile Legends: Bang Bang pun akhirnya selesai di-install. Kini saya bisa memainkan games tersebut di komputer tanpa perlu lagi memakai smartphone Android.

Anda harus mengaktifkan sensor akselerometer di AVD agar dapat menggunakan kontrol ini. ACCELEROMETER pada sumbu x, y, dan z. Nilai-nilai ini meliputi gravitasi. Misalnya, jika tertahan di luar angkasa, perangkat akan mengalami percepatan nol (semua x, y, dan z akan menjadi 0). Saat perangkat berada di Bumi, di atas meja dengan layar menghadap ke atas, percepatannya adalah 0, 0, dan 9,8 karena adanya gravitasi. FIELD, yang mengukur medan magnet sekitar pada sumbu x, y dan z dalam mikrotesla (μT). Sesuaikan penggeser Yaw, Pitch, dan Roll lalu amati posisinya di panel atas. Pindahkan representasi perangkat di panel atas, lalu amati Yaw, Pitch, dan Roll serta perubahan nilai akselerometer yang dihasilkan. Baca Menghitung orientasi perangkat untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang penghitungan yaw, pitch, dan roll. Sesuaikan penggeser X dan Y, lalu amati posisinya di panel atas. Pindahkan representasi perangkat di panel atas, lalu amati nilai penggeser X dan Y, serta bagaimana nilai akselerometer yang dihasilkan berubah.

1. Tambahkan tampilan lain dengan mengklik Add secondary display. 2. Dari menu drop-down di bagian Secondary displays, lakukan salah satu langkah berikut: 1. Pilih salah satu rasio lebar tinggi yang telah ditetapkan sebelumnya. 2. Pilih custom, lalu tetapkan height, width, serta dpi untuk tampilan kustom. Emulator memungkinkan Anda menyimulasikan berbagai kondisi jaringan. Anda dapat memperkirakan kecepatan jaringan untuk berbagai protokol jaringan, atau menetapkan Full, yang akan mentransfer data secepat yang dimungkinkan komputer Anda. Kecepatan protokol jaringan yang ditetapkan akan selalu lebih lambat daripada Full. Anda juga dapat menetapkan status jaringan data dan suara, seperti roaming. Nilai default diatur dalam AVD. Anda dapat membuat simulasi properti baterai di perangkat untuk melihat cara kerja aplikasi Anda dalam kondisi yang berbeda. Untuk memilih Charge level, gunakan kontrol penggeser. Emulator memungkinkan Anda melakukan simulasi panggilan ponsel masuk dan SMS. 1. Pilih atau ketik nomor ponsel di kolom From. 2. Klik Call Device. 3. Anda dapat mengklik Hold Call untuk menahan panggilan.

Secara default, emulator menyimpan data pengguna, data kartu SD, dan cache di dalam direktori yang khusus untuk AVD tersebut. Saat Anda meluncurkan emulator, emulator akan memuat data pengguna dan data kartu SD dari direktori AVD. Anda dapat menjalankan aplikasi dari project Android Studio, atau menjalankan aplikasi yang telah diinstal di Android Emulator seperti halnya menjalankan aplikasi lain di suatu perangkat. 1. Di Android Studio, buat Perangkat Virtual Android (AVD) yang dapat digunakan emulator untuk menginstal dan menjalankan aplikasi. Di toolbar, pilih perangkat tempat Anda ingin menjalankan aplikasi dari menu drop-down perangkat target. Jika Anda menerima pesan error atau peringatan di bagian atas dialog, klik link untuk memperbaiki masalah atau mendapatkan informasi lebih lanjut. Beberapa error harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum Anda dapat melanjutkannya, seperti error Hardware Accelerated Execution Manager (Intel HAXM). Untuk macOS, jika Anda melihat error Warning: No DNS servers found saat memulai emulator, periksa apakah Anda memiliki file /etc/resolv.conf.

Di tab Single points, Anda dapat menggunakan webview Google Maps untuk menelusuri lokasi menarik, sama seperti yang Anda lakukan saat menggunakan Google Maps di ponsel atau di browser. Saat menelusuri (atau mengklik) lokasi di peta, Anda dapat menyimpan lokasi dengan memilih Save point di dekat bagian bawah peta. Semua lokasi yang disimpan tercantum di sisi kanan jendela Extended controls. Untuk menetapkan lokasi emulator ke lokasi yang Anda pilih di peta, klik tombol Set location di dekat bagian bawah jendela Extended controls. Serupa dengan tab Single points, tab Routes juga memberikan webview Google Maps yang dapat Anda gunakan untuk membuat rute antara dua atau beberapa lokasi. 1. Dalam tampilan peta, gunakan kolom teks untuk menelusuri tujuan pertama dalam rute Anda. 2. Pilih lokasi dari hasil penelusuran. 3. Pilih tombol Navigate . 4. Pilih titik awal rute Anda dari peta. 5. (Opsional) Klik Add destination untuk menambahkan lebih banyak perhentian ke rute Anda.

Mulai Juni 2019, Android Emulator tidak digunakan lagi untuk sistem Windows 32 bit. Dukungan untuk emulator Windows 32 bit akan berlanjut hingga Juni 2020, termasuk perbaikan bug penting, tetapi tidak ada fitur baru yang akan ditambahkan. Jika Anda menggunakan emulator di sistem Windows 32 bit, Anda harus merencanakan untuk bermigrasi ke sistem Windows 64 bit. Jika Anda menggunakan emulator di sistem Windows 32 bit, Anda dapat menggunakan SDK Manager untuk menginstal versi emulator terbaru untuk Windows 32 bit. Untuk menginstal Android Emulator, pilih komponen Android Emulator di tab SDK Tools pada SDK Manager. Untuk petunjuk, baca Mengupdate alat dengan SDK Manager. Setiap instance Android Emulator menggunakan perangkat virtual Android (AVD) untuk menentukan karakteristik hardware dan versi Android perangkat yang disimulasikan. Untuk menguji aplikasi Anda secara efektif, sebaiknya Anda membuat AVD yang memodelkan setiap perangkat tempat aplikasi Anda dirancang untuk beroperasi. Untuk membuat dan mengelola AVD, gunakan Pengelola Perangkat. Setiap AVD berfungsi sebagai perangkat independen, dengan penyimpanan tersendiri untuk data pengguna, kartu SD, dan sebagainya.

Di area Device rotation, pilih tombol untuk mengubah rotasi. Saat Anda menyesuaikan perangkat, kolom Resulting values akan ikut berubah. Ini adalah nilai yang dapat diakses oleh aplikasi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang sensor ini, lihat Ringkasan sensor, Sensor gerakan, dan Sensor posisi. Emulator dapat melakukan simulasi berbagai sensor posisi dan lingkungan. Ambient temperature: Sensor lingkungan ini mengukur suhu udara sekitar. Magnetic field: Sensor posisi ini mengukur medan magnet sekitar pada sumbu X, Y, dan Z. Nilainya dinyatakan dalam mikrotesla (μT). Proximity: Sensor posisi ini mengukur jarak dari suatu objek; misalnya, sensor ini dapat memberi tahu telepon bahwa ada wajah yang dekat dengannya untuk melakukan panggilan. Sensor kedekatan harus diaktifkan di AVD untuk menggunakan kontrol ini. Light: Sensor lingkungan ini mengukur pencahayaan. Nilainya dinyatakan dalam satuan lux. Pressure: Sensor lingkungan ini mengukur tekanan udara sekitar. Nilainya dinyatakan dalam satuan milibar (hPa). Relative Humidity: Sensor lingkungan ini mengukur kelembaban relatif sekitar. Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang sensor ini, baca Ringkasan sensor, Sensor posisi, dan Sensor lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *